Bikin Heboh! Toyota Hadirkan Kijang Innova Listrik di Pameran Otomotif IIMS Hybrid 2022

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 01/Apr/2022 12:32 WIB
Toyota Kijang Innova EV concept di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 Toyota Kijang Innova EV concept di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022

SoundandMachine.com (Jakarta) – Dunia otomotif Indonesia dikejutkan dengan kehadiran multi-purpose vehicle (MPV) bertenaga listrik baterai di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, yaitu Kijang Innova EV.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Kehadiran Kijang Innova EV sontak viral di media sosial, karena nama Kijang yang begitu melegenda di Indonesia, hadir berpenggerak listrik baterai yang digadang-gadang sebagai salah satu mobil masa depan.

Melalui konferensi pers online yang diadaka, Anton Jimmi Suwandy selaku Marketing Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM) memberi penjelasan mengenai Kijang Innova EV tersebut.

Baca Juga:
Dari Penjualan Hingga Kesiapan Mudik 2024, Toyota Semakin Jagokan Kendaraan Elektrifikasi

“Innova EV concept ini bagian dari effort Toyota. Tujuannya untuk study, kira-kira ke depannya bagaimana EV yang cocok untuk pasar Indonesia.” buka Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT. Toyota-Astra Motor kepada SoundandMachine.com dalam konferensi pers online (1/4/2022).

Baca Juga:
Perluas Pangsa Pasar, Toyota Hadirkan Ragam Kendaraan Fleet dan Komersial Terbaru

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengendarai Toyota Kijang Innova EV concept (sumber: Toyota)

Meski masih dalam tahap konsep, Innova EV Concept benar-benar memiliki komponen mobil listrik baterai, dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Itupun sudah dibuktikan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto yang sempat mengendarai mobil tersebut.

Artinya, Innova EV concept tidak sebatas tampilan eksterior dan interior yang membedakannya dengan versi mesin bensin ataupun Diesel. Hanya saja, Anton menegaskan bahwa Innova EV concept tersebut tidak untuk dijual, melainkan hanya bersifat engineering development dan display.

“Banyak faktor dalam mendevelop BEV, tidak hanya masalah baterai, tetapi juga platform, konstruksi, dan sebagainya. Ini berbeda dengan merancang non-electrification, itu akan bisa lebih cepat dan jelas.” Jelas Anton.

Selain itu, Anton juga tidak bisa berbicara mengenai kapan Innova EV concept tersebut akan dirilis dan dijual untuk publik karena masih harus menunggu dari prinsipal.

Sayangnya, kehadiran Kijang Innova EV di pameran IIMS Hybrid 2022 khusus hari pertama saja, tepatnya tanggal 31 Maret 2022. Itu berarti hanya orang tertentu saja dengan undangan, ID card, atau publik yang sanggup membayar mahal harga tiket masuk IIMS Hybrid 2022 senilai Rp. 150.000,-.

(Joule)