Dilengkapi Deretan Teknologi Canggih Terkini, Mitsubishi Rilis Kei-Car Listrik eK X EV

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 28/Mei/2022 09:25 WIB
Mitsubishi rilis kei-car bertenaga listrik eK X EV (sumber: Mitsubishi) Mitsubishi rilis kei-car bertenaga listrik eK X EV (sumber: Mitsubishi)

SoundandMachine.com (Jepang) – Mitsubishi merilis mobil listrik baterai berbasis kei-car eK X, yaitu eK X (baca: cross) EV. eK X EV merupakan satu-satunya kei-car penumpang bertenaga listrik setelah i-MiEV mengalami perubahan dimensi yang membuatnya tidak lagi menjadi kei-car.

“Untuk memenuhi kebutuhan zaman dan para pelanggan, kita memakai teknologi untuk memproduksi mobil listrik yang Mitsubishi akumulasi dari i-MiEV, mobil listrik produksi massal pertama di dunia, dan Minicab MiEV.” buka Takao Kato, Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation dalam keterangan resminya (20/5/2022).

Baca Juga:
Diproduksi Lokal, Mitsubishi L100 EV Jadi Kendaraan Niaga Ringan Paling Lengkap Fiturnya

(sumber: Mitsubishi)

Baca Juga:
Mitsubishi Motors Mulai Produksi Kendaraan Listrik Komersial Minicab MiEV di Indonesia

Eksterior eK X EV mengusung karakter SUV dengan sentuhan bahasa desain dynamic shield yang akhir-akhir ini semakin familiar di mobil Mitsubishi. Bahasa desain inilah yang membuat eK X EV terlihat seperti Xpander yang dibuat kei-car.

Baca Juga:
Gandeng Yamaha Corporation, Mitsubishi Motors Benamkan Sistem Audio Premium di SUV XForce

(sumber: Mitsubishi)

Interior dirancang intuitif untuk pengemudi dengan electric shift lever, dan layer LCD 7 inci yang memiliki kesan canggih sesuai karakternya sebagai mobil listrik baterai.

Motor listrik eK X EV memiliki torsi maksimum 195 Nm yang merupakan 2 kali lipat dari kei-car mesin bensin dengan turbo sekalipun.

Kemudian untuk baterai Lithium-ion 20 kWh-nya memiliki daya jelajah 180 km, dan bisa diisi penuh dalam waktu 8 jam apabila memakai AC200V/14,5 A, dan 40 menit agar bisa terisi sebesar 80% apabila memakai quick charging.

“eK X EV memiliki daya jelajah yang cukup untuk berkendara ke kantor, sekolah, berbelanja, atau jalan bersama keluarga.” jelas Takao.

Baterai tersebut diletakkan di bawah lantai untuk menciptakan kelegaan interior, sekaligus mengurangi center of gravity sehingga lebih stabil.

Selain menggerakan mobil, baterai tersebut juga bisa berfungsi menyuplai listrik rumah serta perabotan yang bermanfaat ketika berkemah, karena sudah kompatibel untuk vehicle 2 home dan vehicle 2 load.

eK X EV juga dilengkapi sejumlah fitur canggih terkait motor listrik, yaitu 3 mode berkendara normal, eco mode yang mengurangi output agar menghemat baterai, dan Sport untuk tarikan lebih responsif.

Selain itu, eK X EV juga dilengkapi innovative pedal operation mode, dimana untuk melakukan akselerasi dan deselerasi bisa dilakukan dalam satu pedal akselerator, sehingga mampu mengurangi lelah ketika dalam kondisi stop and go seperti kemacetan atau antrian kendaraan.

(sumber: Mitsubishi)

Fitur MI-PILOT yang terdiri dari parking support system, adaptive cruise control, dan lane keep assist bukan hanya memberikan keamanan tetapi juga kenyamanan, karena sistemnya juga membantu mencegah terjadinya benturan melalui sensor di kamera.

Dengan fitur seperti ini, eK X EV siap menggebrak pasar kei-car di Jepang, mengingat kei-car bertenaga listrik baru sedikit. (Joule)