Populer di Gymkhana, Pereli Ken Block Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Mobil Salju

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 03/Janu/2023 12:00 WIB
Pereli Ken Block (kanan) meninggal dunia akibat kecelakaan snowmobile (sumber: Hoonigan) Pereli Ken Block (kanan) meninggal dunia akibat kecelakaan snowmobile (sumber: Hoonigan)

SoundandMachine.com (Amerika Serikat) - Kabar duka menimpa kalangan otomotif di awal tahun 2023, karena pereli asal Amerika Serikat Kenneth Paul Block atau lebih dikenal sebagai Ken Block, meninggal dunia, setelah mengalami kecelakaan snowmobile di Utah.

Kabar meninggalnya Block dikonfirmasi oleh tim motorsport besutannya yaitu Hoonigan Racing Division, melalui akun Instagram resminya, pada tanggal 2 Januari 2023 waktu setempat.

Baca Juga:
Suguhkan Trek Bervariasi, Subaru Indonesia Club Gelar Safety Driving Auto Cross

(sumber: Instagram)

Baca Juga:
Sebelum Meninggal, Subaru Sempat Jadi Pilihan Ken Block untuk Berkiprah di Motorsport

“Dengan rasa duka kami yang sangat mendalam, kami mengkonfirmasi bahwa Ken Block telah meninggal dunia, dalam kecelakaan snowmobile hari ini.” Ken seorang visioner, pionir, ikon, dan terpenting adalah seorang ayah dan suami.” tulis Hoonigans dalam postingan feed akun Instagram-nya (2/1/2023).

Block memulai karir relinya pada tahun 2005, berawal dari keterampilan dalam mengemudi dan mengontrol mobil yang mengantarkannya menjadi Rookie of the Year dalam kejuaraan Rally America Championship.

Baca Juga:
Berawal dari Hobi, Bengkel Spesialis Mobil Ford MASTERCARS.ID Buka Gerai Baru di Gading Serpong

(sumber: Hoonigan)

Keterampilan tersebut kerap dimanfaatkan untuk branding dan marketing produk sepatu DC Shoes, dengan menggunakan Subaru Impreza WRX STI yang telah dimodifikasi untuk atraksi gymkhana, dan menjadi salah satu momen awal dirinya viral di internet pada tahun 2008.

(sumber: Hoonigan)

Namun kiprah viral Block lebih berjaya di Ford, dan sudah menggunakan berbagai mobil dari brand asal Amerika Serikat selama 11 tahun, yaitu Fiesta, Escort, Mustang, RS200, dan F150, yang sudah dimodifikasi untuk berkiprah di motorsport dengan mesin bertenaga besar.

(sumber: Hoonigan)

Selama di Ford, Block sempat menembus ajang World Rally Championship (WRC) dengan tim besutannya sendiri pada tahun 2010, yaitu Monster Energy World Rally Team, yang sekarang menjadi Hoonigan Racing Division. Awalnya Block menggunakan Focus, kemudian menggunakan Fiesta dari tahun 2011 hingga 2018.

(sumber: Hoonigan)

Pasca pisah dari Ford, Block kembali viral pada tahun 2022 dengan mobil listrik prototipe atau yang tidak atau belum dijual ke publik, yaitu Audi S1 e-Tron. 

Disinyalir bahwa akhir-akhir ini Block mengandalkan kendaraan besutan Volkswagen Group untuk berkiprah di motorsport, karena selain Audi S1 e-Tron, Porsche 911 juga turut diandalkan.

InstaStory terakhir Ken Block (sumber: Instagram)

Namun sayangnya, kiprah motorsport tersebut tidak lagi berlanjut pasca kematian Block pada tanggal 2 Januari 2023 di usia 55 tahun akibat kecelakaan ketika mengendarai snowmobile.

Melalui kiprah viralnya di bidang motorsport, Block bukan hanya ikon bagi para penggemar tetapi juga pelaku industri otomotif, termasuk pendukungnya atau aftermarket, melalui komponen yang dipakai dan modifikasinya. Race in love. (Joule)