Serba Canggih, Merasakan Bermobilitas dengan SUV Kompak Fenomenal Chery Omoda 5

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 24/Jun/2023 12:00 WIB
Chery Omoda 5 tipe RZ yang fenomenal karena kecanggihan teknologi dan nuansa futuristisnya. Chery Omoda 5 tipe RZ yang fenomenal karena kecanggihan teknologi dan nuansa futuristisnya.

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Chery Sales Indonesia (Chery) telah resmi memasarkan Sport Utility Vehicle (SUV) kompak Chery Omoda 5 pada tanggal 10 Maret 2023 di perhelatan Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2023.

Kehadiran Omoda 5 bisa dibilang fenomenal, karena mobil dari brand asal Tiongkok tersebut mampu mengubah tren pasar otomotif di segmennya, melalui desain dan teknologi yang berorientasi masa depan, serta harga di luar ekspektasi.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

Ketika melihat eksterior Omoda 5, impresi pertamanya adalah tampilan seperti mobil premium yang dibanderol dengan harga di atas Rp. 1 Miliar, yaitu SUV dengan siluet membungkuk seperti sportscar atau coupe.

Baca Juga:
Punya Performa Tertinggi di Kelasnya, Mobil Listrik Chery Omoda E5 Tawarkan Empat Selling Point

SUV dengan bodi seperti ini yang dijual resmi di Indonesia hampir semua bermerek premium, sebut saja Mercedes-Benz GLC Coupe, BMW X4, Porsche Cayenne Coupe, Audi Q8, Lexus RX, dan sebagainya.

Baca Juga:
Harga Tak Sampai Rp 500 Juta, Chery Omoda 5 GT Pakai Mesin dan Transmisi Baru Plus Opsi AWD

Interior seperti halnya eksterior, yakni memberi impresi layaknya mobil premium dengan harga jual tinggi, dari desain dan juga teknologi yang membuat tampilan menjadi futuristik.

Sebut saja tampilan dasbor, setir, konsol tengah, dan jok depan layaknya sportscar mewah, sedikit tombol karena pengaturan lebih dipusatkan ke layar multimedia, hingga shift knob seperti model joystick.

Dalam kesempatan ini, tim SoundandMachine.com merasakan bagaimana bermobilitas dengan Omoda 5 tipe tertingginya yaitu RZ, selama 3 hari 2 malam.

Impresi pertama ketika mengendarai Omoda 5 adalah premium feel yang kentara, dari kekedapan, posisi mengemudi, dan material setirnya.

Selain itu, nuansa futuristisnya juga terasa, melalui sederet teknologi yang salah satunya adalah paket fitur Advance Driving Assistant System (ADAS).

Sistem ADAS Omoda 5 membantu pengemudi agar tetap aman selama berkendara, dan lebih terasa apabila di jalan tol.

Seperti misalnya pindah jalur tidak menyalakan sein, sistem akan membunyikan peringatan dan menahan setir agar tetap berada di jalurnya. Begitu juga apabila posisi mobil terlalu mepet ke garis pembatas jalan.

Di luar jalan tol, sistem ADAS-nya juga bisa mengurangi blind spot apabila berada di tengah kepadatan atau masuk ke area sempit, karena around view monitor akan bekerja membantu pengemudi melihat sekitar mobil, melalui kamera 360-nya.

Omoda 5 mengusung mesin 1.500 cc turbo bertenaga 145 dk dan torsi 230 Nm yang disalurkan oleh transmisi otomatis CTV 9-percepatan, dan tarikan Omoda 5 terasa ringan ketika dibejek.

Selain itu, Omoda 5 juga terasa stabil ketika menikung, mengerem cukup keras, dan melewati jalan rusak, yang berarti nuansa premiumnya juga sampai ke rasa berkendara.

Konsumsi bahan bakar Omoda 5 juga cukup irit, setidaknya bisa 7,7 km/100 liter untuk rute Pondok Pinang, Jakarta Selatan - Sunter, Jakarta Utara pulang-pergi dengan kondisi lalu lintas kombinasi macet dan lancar.

Mengenai harga, Omoda 5 tipe tertingginya yaitu RZ seperti unit yang didapat bisa dibilang di luar ekspektasi, karena dibanderol Rp. 404,8 juta. 

Harga tersebut termasuk lebih murah dari kompetitornya yaitu Honda HR-V tipe SE, yang dibanderol Rp. 416,1 juta, tetapi mesin 1.500 cc-nya bertenaga 121 dk dan torsinya 145 Nm, lebih kecil dari Omoda 5. 

Tidak mengherankan jika suatu saat jumlah Omoda 5 akan banyak di jalan, seperti mobil dari brand Tiongkok lain. (Joule)