Punya Performa Tertinggi di Kelasnya, Mobil Listrik Chery Omoda E5 Tawarkan Empat Selling Point

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 07/Feb/2024 10:00 WIB
Mobil listrik Chery Omoda E5 yang diluncurkan oleh PT. Chery Sales Indonesia selaku agen pemegang merek. Mobil listrik Chery Omoda E5 yang diluncurkan oleh PT. Chery Sales Indonesia selaku agen pemegang merek.

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT, Chery Sales Indonesia (CSI) telah resmi memasarkan mobil listrik pertamanya di Indonesia, yaitu Chery Omoda E5, pada tanggal 5 Februari 2024 di Park Hyatt, Jakarta.

Omoda E5 menawarkan sejumlah kecanggihan yang lebih berorientasi pada performa penggerak motor listrik, hingga menjadi tertinggi di kelasnya.

Baca Juga:
Terinspirasi dari Awan, Mobil Listrik Baru Wuling Cloud EV Lebih Nyaman untuk Jarak Jauh

“Omoda E5 memiliki 4 selling point utama, yaitu battery life tertinggi di kelasnya, waktu pengisian dari 30 persen ke 80 persen dalam waktu 28 menit, crossover design X-Shape, dan smart cockpit.” buka Chen Cunqing, President PT. Chery Sales Indonesia kepada SoundandMachine.com dalam sesi peluncuran melalui video (5/2/2024).

Baca Juga:
Wuling Ajak Komunitas Lihat Langsung Mobil Listrik Cloud EV di IIMS 2024. Begini Impresinya

Eksterior masih mirip Omoda 5 berbahan bakar bensin, dan dengan bodi seperti ini tercipta coefficient drag sebesar 0,281 cd, dan ketika berada di kecepatan 120 km/jam tingkat kebisingannya sebesar 62,9 desibel.

Berhubung mobil listrik, tentu saja terdapat sejumlah perbedaan eksterior yang berefek pada fungsi, sekaligus membedakannya dengan Omoda 5, yaitu bumper depan, pelek, dan lampu belakang.

Baca Juga:
IIMS 2024: Wuling Tambah Program Worry Free Konsumen EV dengan Extensive Free Maintenance

Interior Omoda E5 juga berbeda dengan Omoda 5 dari bentuk dasbor, warna jok, corak konsol tengah, dan tidak ada knob seperti di Omoda 5 bermesin pembakaran dalam. Sementara tuas transmisinya berada di dekat tuas lampu sein seperti di mobil Eropa.

Selain itu, door trim Omoda E5 juga bentuknya berbeda dengan Omoda 5, dan tidak ada rumah tweeter di pilar A yang mungkin dipindah ke dasbor.

Penggerak menjadi yang di-highlight dalam Omoda E5, karena menawarkan performa tertinggi di kelasnya.

“Ketika kita berbicara mengenai ‘ranger’, yang ada di pikiran kita adalah daya jelajah panjang, lebih fleksibel, respon lebih cepat, dan tercepat di kelasnya.” kata Zeng Shuo, Assistant President of Chery Sales Indonesia.

Motor listrik Omoda E5 memiliki tenaga sebesar 204 hp dan torsi 340 Nm, yang membuatnya mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 7,2 detik dan top speed 172 km/jam.

Baterai Omoda E5 memiliki kapasitas sebesar konsumsi baterai sebesar 61 kWh sehingga memiliki daya jelajah sejauh 430 km dalam hitungan WLTP atau 505 km dalam hitungan NEDC, dan dapat diisi dari 30 persen ke 80 persen dalam waktu 28 menit.

Jenis baterai Omoda E5 menggunakan Lithium-ion Phosphate, proteksi air IP68, dan pelindung baterai agar lebih aman saat melewati berbagai medan jalan, dan juga jika terjadi benturan.

Omoda E5 mengusung chip semikonduktor 8755 Qualcomm Snapdragon untuk performa sistem keselamatan aktif.

“Chery Indonesia sudah memilih technology partner dan juga platform yang benar. Snapdragon chassis ini terdiri dari 4 komponen, digital cockpit, auto connectivity, car-to-cloud, dan ride. Sudah lebih dari 40 juta mobil menggunakan Snapdragon Cockpit termasuk Chery.” kata Shannedy Ong, Country Director Qualcomm Indonesia.

Namun yang tidak kalah menarik adalah harganya, yaitu Rp. 498,8 juta termasuk charger yang terdiri dari Vehicle 2 Load, 7 kW, dan portable charger. 

Untuk 1.000 pelanggan pertama mendapat potongan harga sebesar Rp. 10 juta dari harga normal, ditambah garansi komponen motor listrik dan baterai seumur hidup, serta gratis asuransi untuk 1 tahun. (Joule)