Situs Jual Beli Toko Kaki Kaki Permudah Cari Barang Otomotif Lebih Spesifik

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 05/Mar/2024 12:00 WIB
Laman situs jual-beli produk otomotif Toko Kaki Kaki (TKK). Laman situs jual-beli produk otomotif Toko Kaki Kaki (TKK).

SoundandMachine.com (Jakarta) - Belanja produk otomotif via online permintaannya masih tinggi, salah satunya karena kemudahan mencari barang, disamping karena situasi tertentu seperti pandemi Covid-19 yang melanda pada tahun 2020-2021 lalu.

Di tengah situasi seperti ini, mencari barang lebih spesifik masih menjadi persoalan bagi para pencarinya, terutama karena melalui e-commerce yang notabene bukan hanya barang otomotif saja, tetapi juga non-otomotif.

Baca Juga:
Penuhi Kebutuhan Mobil Kecil, HSR Speedster Tawarkan Velg Model Palang Lima Aneka Warna

Melihat situasi seperti ini menjadi peluang bagi pelaku usaha yang bergerak di jual-beli otomotif, yaitu situs jual-beli online khusus otomotif Toko Kaki Kaki (TKK).

Baca Juga:
Tampil di The Elite Showcase 2023, HSR Wheels Tunjukkan Keseriusan Ekspansi Pasar Pelek Aftermarket

“Ide awalnya dicetus ketika masa-masa pandemi, itu demand belanja online cukup tinggi. Namun hampir tidak ada database yang bisa dibilang 100 persen otomotif. Biasanya ketika mencari parts yang spesifik, seringkali sulit ditemukan karena banyak dari marketplace general.” buka Hansel Putra Junaidi, Project Coordinator TKK kepada SoundandMachine.com dalam konferensi pers di JIExpo Kemayoran, Jakarta (21/2/2024).

TKK memiliki keunggulan berupa kemudahan mencari barang otomotif lebih spesifik karena positioning-nya sebagai situs jual beli yang memang terfokus pada barang otomotif.

Baca Juga:
Berhadiah Jutaan Rupiah, Fitra Eri Tantang Netizen Desain Pelek HSR Wheels untuk Toyota GR Yaris

Oleh karena itu, para pelaku usaha yang ingin menjajakan barang otomotifnya harus melalui proses verifikasi agar lebih meyakinkan pelanggan.

Menariknya, pelaku usaha yang sudah bergabung di situs TKK diantaranya di level produsen, yaitu PT. TKB Group Indonesia.

“Kita lihat ini adalah suatu aplikasi yang kita bisa pakai untuk kita berdagang karena bonusnya banyak. Kita dipromosiin, cara pakainya gampang, kita banyak dari customer tanya bisa pakai aplikasi apa, kita pakai TKK.” kata Sultan Agung, dari PT. TKB Group Indonesia.

Meski namanya ‘kaki-kaki’, TKK terbuka untuk para pelaku usaha otomotif yang ingin berdagang produk terkait otomotif selain kaki-kaki.

“Itu bisa bergabung di TKK, karena menganggap mobil itu sebagai ‘kaki’ kita untuk bermobilitas. Jadi hal-hal yang berhubungan dengan otomotif, kami sangat lapang untuk bisa bekerjasama dengan kami di TKK.” jelas Hansel.

Untuk transaksi, TKK sudah menerima berbagai metode pembayaran, mulai dari transfer via bank, kredit, QRis, GoPay, hingga via minimarket Indomaret atau Alfamart yang masih banyak dilakukan oleh pelanggan dari daerah diluar kota besar ketika bertransaksi. (Joule)