Sama-sama Rakitan Jepang, Ini Perbedaan Honda Odyssey Dengan Pasar Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 02/Mar/2021 19:00 WIB


SoundandMachine.com (Jepang), 2 Maret 2021 – Meski sama-sama rakitan Jepang, Honda Odyssey memiliki perbedaan dengan pasar ekspor, salah satunya Indonesia yang baru-baru ini facelift.

 

Baca Juga:
Layani Pelanggan di Momen Libur Lebaran 2024, Honda Buka Posko dan Dealer Siaga 24 Jam

Hal tersebut tak lain karena faktor pasar karena seperti halnya mobil pasar Jepang (JDM) lainnya, meski tampilannya sekilas sama, setidaknya yang membedakan antara interior dan fitur.

Baca Juga:
Penyegaran Honda HR-V Segera Meluncur di Jepang,Tampilan Lebih Tegas dan Tambah Fitur

(sumber: Honda)

Baca Juga:
Generasi Terbaru Honda Accord Resmi Meluncur, Tampilan Kian Sporty dengan Teknologi Terkini

Pertama dari segi tampilan, emblem “Absolute” di belakang menjadi pembeda karena memang Odyssey JDM variannya terdiri dari Absolute seperti keluaran APM dan Absolute EX.

 

(sumber: Honda)

Sementara interior, speedometer spek Jepang hanya sampai 180 km/jam lantaran speed limit untuk mobil yang mainstream, sementara untuk pasar Indonesia sampai 240 km/jam.

 

Selain itu, head unit memakai produk Gathers yang notabene divisi in-car entertainment khusus Honda pasar Jepang dan memiliki desain dan fitur berbeda dibanding pasar Indonesia.

 

(sumber: Honda)

Untuk akses ke penumpang baris kedua, Odyssey pasar Indonesia tidak dilengkapi gesture control power sliding door seperti versi JDM yang membuatnya dapat membuka pintu geser tanpa menyentuhnya, yaitu dengan mengarahkan tangan ke sensor berjarak 1-5 cm.

 

(sumber: Honda)

Ketika pintu geser dibuka, Odyssey pasar Indonesia juga absen LED outer welcome light seperti versi JDM yang terkesan menyambut penumpang.

 

(sumber: Honda)

Untuk Honda SENSING, setidaknya ada beberapa fitur yang ada di versi JDM tetapi absen untuk pasar Indonesia, seperti false start prevention function, pedestrian accident reduction steering, dan sign recognition function.

 

Meski sama-sama dilengkapi Vehicle Stability Assist, Odyssey pasar Indonesia tidak dilengkapi Traction Control System seperti versi JDM.

 

(Joule)