Cara Mudah Menjaga Kinerja Wiper Mobil Agar Selalu Lancar

  • Oleh :

Jum'at, 11/Sep/2020 18:04 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Meski terkesan sederhana, namun Wiper merupakan salah satu komponen keselataman penting yang ada di sebuah mobil.

Bisa dibayangkan bila saat mengemudi dalam kondisi hujan, namun wiper tidak dapat berfungsi normal, tentu saja sangat berbahaya.

Baca Juga:
Lebih Gagah dan Mewah, Toyota Fortuner Facelift Resmi Dirilis

Selain dalam kondisi hujan, wiper juga berguna untuk membersihkan kaca depan maupun belakang saat kondisi cuaca normal. Biasanya, pengemudi menggunakannya untuk menyeka debu yang menempel saat melakukan perjalanan.

Tentu saja kinerja wiper saat kondisi cuaca normal untuk mengusir debu atau kotoran ringan lain, harus dibarengi oleh penggunaan air wiper. Bila tidak, dikhawatirkan kaca mobil akan menjadi baret.

Baca Juga:
Berikan Rasa Nyaman, BMW Astra Tingkatkan Layanan Sesuai Protokol Kesehatan Covid-19

Mengingat fungsinya yang sangat penting, untuk itu keberadaan air wiper pada kendaran jangan diabaikan. Apalagi, air wiper di tabung reservoir kadang kualitas dan volumenye mulai berkurang, akibat kelamaan tidak difungsikan.

"Jika memang sering digunakan, ada baiknya tabung reservoir sering dikontrol terutama batas volume air dan kualitas air. Sehingga fungsi wiper serta komponen pendukungnya (air, motor elektrik dan nosel) berkerja sempurna," terang RafiI Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot cabang Cilandak.

Baca Juga:
Pandemi Bukan Halangan, Toyota Fortuner dan Kijang Innova Facelift Bersamaan

Lebih lanjut ia mengatakan, mengecek kondisi air wiper tidaklah sulit dilakukan. Pemilik kendaraan bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah. Pertama kali, yang harus dilakukan adalah mengetahui posisi tabung reservoir di kendaraan.

Jika sudah menemukan tabung reservoir, tuangkan air wiper yang sudah disiapkan sebelumnya. Gunakan air bersih guna mencegah penyumbatan pada lubang keluaran. Isi air wiper sampai batas maksimal, seperti level indikator yang tertera di tabung. Lalu tutup kembali penutup tabung air wiper.

"Sebaiknya air wiper tidak dibiarkan sampai kosong. Meskipun tidak dipungkiri ada saja yang luput dan tidak menyadari tabung air wiper kosong dalam waktu lama. Padahal air wiper lama kosong risikonya timbulkan kotoran yang bersarang sampai terjadi penyumbatan," jelas Rafii.

Langkah berikutnya adalah perhatikan arah semprotan air wiper ke kaca. Usahakan semprotan air wiper selalu lancar dan arah semburannya sesuai dengan keinginan.

Apabila semprotan air wiper mobil mendadak macet, beberapa jenis kendaraan memang bisa diperbaiki sendiri terutama yang nosel-nya berada di area terbuka. Tapi jika itu terjadi di mobil seperti SUV Peugoet 3008 & 5008 sebaiknya dibawa ke bengkel resmi untuk diperiksa sekaligus diperbaiki.

"Nosel air wiper pada Peugeot 3008 & 5008 tidak terpasang di bodi mobil, tapi terletak langsung di tangkai rumah karet wiper. Sehingga untuk memperbaikinya harus dengan prosedur perawatan yang sesuai dengan panduan perawatan mobil Peugeot," wanti RafiI.

Tags :