Intip Nih, Kumpulan Modifikasi Eksterior dan Interior Rocky Ala Daihatsu Jepang

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 13/Mei/2021 14:25 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Daihatsu Jepang sudah menyediakan sejumlah referensi modifikasi untuk SUV kompaknya yaitu Daihatsu Rocky ketika diluncurkan pada tahun 2019.

Berbeda dengan Toyota untuk Raize-nya, Daihatsu bukan hanya menawarkan referensi modifikasi eksterior tetapi juga interior dari masing-masing paket modifikasi khusus Rocky.

Baca Juga:
Pelek Crag CKV Buatan Work Wheels Bikin Daihatsu Rocky Jadi Lebih Gagah

Setidaknya ada empat pilihan referensi modifikasi, diantaranya Modellista yang biasa buat bodykit untuk mobil Toyota dan berikut pilihannya.

Elegance Style

Baca Juga:
Usung Konsep Berbeda, Ini Dia Tampilan Empat Compact SUV Modifikasi di GIIAS 2021

(sumber: Daihatsu)

Baca Juga:
GIIAS 2021: Dimodifikasi, Tampilan Daihatsu Rocky Makin Gahar Ala Mobil Semi Off-road

Sesuai namanya, Elegance style tampil dengan gaya elegan namun lebih bermain di plating pada komponennya seperti bodykit, rumah foglamp, dan garnish pada gril dan pintu belakang.  Sementara bodykit-nya sendiri desainnya lebih ke arah sporti dilihat dari lekukannya dan itu unik.

Daihatsu juga memasukkan pelek 17 inci palang 16, aksen plating pada garnish spion dan kaca samping, serta stiker fender agar melengkapi penampilan elegannya.

(sumber: Daihatsu)

Di sektor interior, Daihatsu menawarkan sarung jok berbahan kulit sintetis berwarna hitam dengan aksen silver. Termasuk panel interior berwarna piano black pada shift bezel, handel pintu, dan tombol power window.

Powerful Style

(sumber: Daihatsu)

Powerful style yang lebih menonjolkan sisi petualang dari garnish pada bumper depan-belakang, side skirt, dan pintu, namun bernuansa sporti dari aksen warna merahnya.

Daihatsu juga menyediakan roof rail agar bisa memasang roof rack dan roof box. Warna hitam pada garnish di kap mesin, rumah foglamp, dan pelek Balminum T10 17 inci membuatnya lebih gaya namun tetap berkarakter petualang.   

Sarung jok yang ditawarkan juga memiliki karakter petualang, karena bukan hanya dari corak tetapi juga material yang mudah dibersihkan, sehingga bisa masuk ke kabin tanpa khawatir dengan kotoran atau air sehabis beraktifitas outdoor.

(sumber: Daihatsu)

Panel interior berwarna orange pada shift bezel, handel pintu, dan tombol power window juga mewarnai suasana yang sporti namun berjiwa petualang.

Sporty Style

(sumber: Daihatsu)

Sporty style desain bodykit-nya mirip elegance style namun tanpa plating dan ditambah roof spoiler agar kesan sportinya lebih keluar.

Untuk perniknya seperti garis pada rumah foglamp, fender decal, stiker tutup tangki bensin, dan grill, garnish pintu belakang serta pelek 17 inci dengan aksen merah turut mempertegas gaya sporti dalam paket modifikasi tersebut.

Begitu juga interiornya dengan sarung jok yang seperti elegance style karena sama-sama kulit sintetis dan warna hitam sebagai dasar, namun hanya berbeda warna aksennya yaitu merah.

(sumber: Daihatsu)

Panel interior berwarna merah dan bermotif carbon fiber pada shift bezel, handel pintu, dan tombol power window mempertegas kesan sporti namun cukup eksentrik, karena biasanya kalau sudah corak carbon fiber dibiarkan natural tanpa ada warna apapun di atasnya.

Modellista Advance Blast Style

(sumber: Daihatsu)

Modellista juga membuat bodykit untuk Rocky namun hanya satu pilihan, yakni Modellista Advance Blast Style, sementara untuk Raize ada dua pilihan.

Desain bodykit Modellista Advance Blast Style membuar Rocky terlihat lebih agresif dari lekukan bodykit serta roof spoiler-nya. Desain bodykit-nya sendiri mirip Modeliista Advance Blast Style untuk Raize, namun dengan penyesuaian dari bentuk bumper bawaan Rocky.

Pernik krom seperti muffler cutter dan garnish lampu depan, pintu belakang, backdoor aero serta pintu membuat Rocky Modellista Advance Blast Style jadi terlihat lebih mencolok.

(sumber: Daihatsu)

Untuk interior, Modellista tidak menyediakan sarung jok, tetapi hanya panel set dengan corak titanium dan tea wood grain serta LED metal garnish.

Jangan lupa, dimensinya sedikit berbeda karena Rocky pasar Jepang (JDM) panjang x lebar x tinggi sebesar 3.995 x 1.695 x 1.620 mm, sedangkan pasar Indonesia 4.030 x 1.710 x 1.635 mm. Bisa jadi perbedaannya ada di bumper serta over fender karena ban 205 yang dipakai untuk pasar Indonesia.

Sementara bodykit yang ditawarkan dalam paket modifikasi eksterior merupakan add-on dan tentunya untuk Rocky pasar Jepang.

Artinya, bukan hal yang tidak mungkin akan membutuhkan penyesuaian, salah satunya dengan memakai bumper serta over fender Rocky versi pasar Jepang supaya pemasangan body kit add-on-nya bisa lebih presisi.

(Joule)