Bikin Mobil Lebih Nyaman, Yuk Kenali Jenis-jenis Peredam Mobil

  • Oleh : ADV

Sabtu, 31/Jul/2021 14:50 WIB



SoundandMachine.com (Jakarta)- Banyak pemilik mobil, yang memasang kaca film mahal guna mengurangi suhu panas di dalam mobil, khususnya pada siang hari. Namun sebenarnya, kaca hanyalah salah satu faktor penyebab panas di mobil. 

Sebab, masih ada bidang mobil lain yang juga mempengaruhi. Seperti plafon, lantai kabin, pintu-pintu dan bodi mobil itu sendiri, dimana semua bagian tersebut menggunakan bahan metal, yang merupakan penghantar panas yang baik.

Baca Juga:
Lengkapi Solusi Upgrade Audio, Alpine Indonesia Hadirkan Lini Produk Peredam Mobil

Selain itu, beberapa mobil keluaran terbaru terutama jenis LCGC juga memiliki pelat bodi yang tipis dan tanpa peredam, sehingga menyebabkan suara bising dari luar dan getaran ikut masuk ke dalam kabin. 

Baca Juga:
Tampil Ciamik, Peredam Z3RO Solutions Antar Nissan 180SX Lucky Reza Tembus 50 Modifikasi Terbaik

Hal itu akan lebih terasa jika hujan tiba, rintikan air hujan yang mengenai atap mobil akan terasa sangat berisik. Sebagai solusi atas dua keluhan tersebut, memasang peredam tambahan adalah langkah terbaik.

Martin dari Best Buddy Shop Angkasa mengatakan, peredam mobil memiliki fungsi yang terbilang banyak, karena bikin kabin lebih senyap dan kedap bebas getaran, juga dapat mengurangi noise dari luar. 

Baca Juga:
Gandeng Motomobi, Noisekill Luncurkan Peredam Mobil Berbobot Ringan di GIIAS 2023

"Kalau kita lihat semakin kesini peredaman di mobil standar semakin kurang," kata Martin. Untuk itu ia menyarankan untuk memasang peredam seperti merek Smart Plast atau Vibrofiltr. Saat ini, dipasaran tersedia beberapa jenis peredam.

"Setidaknya ada tiga jenis yang umumnya dipasaran, yakni butyl rubber dengan lapisan aluminun, aspal, dan PU foam," ungkap pria ramah tersebut. Namun secara perlahan, peredam dengan material aspal sudah mulai banyak ditinggalkan. 

Sebabnya, material aspal jika terkena panas bisa menimbulkan bau tidak sedap di dalam kabin. "Kalau butyl rubber lebih aman, apalagi sudah food grade. Selain itu lapisan aluminiumnya juga bisa menolak panas," jelas Martin.

Sementara untuk peredam dengan material PU foam, dinilai efektif untuk menghilangkan getaran, apalagi jika pemilik mobil ingin melakukan modifikasi dalam sistem audio mobilnya.

Martin menambahkan, bagian yang perlu dipasang minimal dari pintu dulu, namun bila ingin maksimal bisa seluruh bagian, termasuk lantai, atap, hingga fender. "Kalau atap bisa menolak panas juga agar tidak makin terasa ke dalam kabin," tuturnya.

Lalu, apakah memasang peredam bisa membuat mobil menjadi lebih berat? "Peredam sekarang gak terlalu berat karena material butyl lebih ringan dibanding aspal. Untuk itu jangan takut kalau ada pemikiran mobil akan menjadi berat karena pasang peredam. Ada penambahan tapi gak banyak," pungkasnya. (EPS)